aaaaa
Cara Submit Sitemap Atau Peta Situs Blog Di Search Console

Cara Submit Sitemap Atau Peta Situs Blog Di Search Console

kali ini tutorial saya bagikan adalah Cara Submit Sitemap Atau Peta Situs Blog Di Search Console untuk membantu anda membangun sebuah blogger dimana blog yang anda kelola agar lebih baik lagi

Google Search Console adalah tool yang disediakan secara gratis oleh Google untuk membantu pemilik website mengidentifikasi performa website mereka di ranah organik.

Di artikel ini Anda akan belajar tentang apa itu Google Search Console, manfaatnya, dan cara menggunakan Google Search Console.

Apa Itu Google Search Console?
Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Manfaat Google Search Console?
Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari menggunakan Google Search Console. Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan di website Anda berdasarkan analisis dari Google Search Console. Berikut manfaat-manfaat yang Anda peroleh dari Google Search Console:

1. Temukan Keyword Populer untuk Bisnis Anda
Pengunjung menemukan website Anda melalui bermacam-macam kata kunci. Google Search Console membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Baca juga:  Update Meta Tag Seo Friendly Terbaru Blogspot Dan Valid HTML5

Tool ini akan memberi informasi mengenai total munculnya website Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali website Anda diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate). Dengan begitu Anda bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

2. Identifikasi Halaman Paling Populer
Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

Baca juga: Cara Terbaru Membuat Nomor Halaman Di Blog

3. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung
Google Search Console juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung website Anda. Fitur ini akan membantu Anda untuk memahami demografi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat.

4. Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung
Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.

5. Periksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile
Anda bisa saja mengecek apakah website Anda sudah diakses di perangkat mobile dengan membukanya di smartphone Anda sendiri. Sayangnya cara tersebut kurang akurat karena Anda hanya menggunakan penilaian subjektif Anda sendiri. Anda bisa memeriksa kinerja website Anda di perangkat mobile menggunakan bantuan Google Search Console. Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu Anda untuk mengecek kompatibilitas website di perangkat mobile. Selain itu, Google Search Console juga akan memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile.

Baca juga: Cara Terbaru Membuat Contact Us Di Blogger

6. Cari Tahu Backlink ke Website Anda
Backlink adalah salah satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Bagi siapa pun yang berkecimpung di ranah SEO, fitur satu ini cukup penting untuk Anda ketahui, yaitu Links to Your Site.

Fitur tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website Anda. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

7. Periksa Broken Link
Selain identifikasi backlink, Anda juga dapat memeriksa broken link atau link yang rusak di website Anda melalui Google Search Console. Inspeksi broken link penting dilakukan agar Anda bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website Anda. Jadi Anda bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

Baca juga: Cara Submit URL Blog Ke Google 2021

8. Identifikasi Masalah Keamanan Website
Isu keamanan selalu menjadi perhatian semua pemilik website, baik blog, toko online, maupun website company profile. Semua orang ingin websitenya aman dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Kabar baiknya, Google Search Console dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website Anda dan memberi peringatan. Dengan begitu Anda bisa memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan website Anda.

9. Submit Sitemap
Anda bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website Anda sehingga Google bisa mengidentifikasi website Anda lebih cepat.

Cara Menambahkan Website ke Google Search Console
Berikut ini 7 langkah menambahkan wesbite ke Google Search Console:

  1. Login Akun Google.
  2. Buka Webmaster Tools.
  3. Klik Add Property.
  4. Pilih “Website”.
  5. Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  6. Klik “Continue”.
  7. Pilih Cara Verifikasi.
  8. Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  9. Tambahkan Domain Secara Terpisah.

Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.
Untuk langkah lebih lengkap mengenai cara verifikasi Google Search Console

Setelah membuat XML Sitemap, Anda akan mendapatkan link seperti ini:

http://example.com/sitemap_index.xml

Selanjutnya adalah mendaftarkan XML Sitemap tersebut ke Google Search Console. Buka dashboard Google Search Console lalu klik menu Sitemaps dan paste bagian terakhir dari link di atas, yaitu sitemap_index.xml. Kemudian klik tombol submit untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *