Mengenal Google Classroom Dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Google Classroom?

Google Classroom adalah platform gratis berbasis web yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan murid.Melansir Google for Education, Classroom memungkinkan para guru untuk mengatur dan menilai progres murid-muridnya sambil tetap terhubung dari mana pun juga.

Karena berbasis web, platform ini secara otomatis sudah terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education lainnya seperti Gmail, Google Docs, dan Google Calendar.Para murid bisa menerima dan mengumpulkan tugas langsung di Classroom, begitu juga para guru.Layanan ini dapat sangat mengurangi penggunaan kertas dan mempermudah proses pembelajaran, apalagi jika dilakukan secara jarak jauh.

 

Fungsi Aplikasi Google Classroom

Ada beberapa fungsi dan keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS). Di antaranya adalah seperti di bawah ini:

  • Proses setting pembuatan kelas dapat dilakukan dengan lebih cepat dan nyaman, jika dibandingkan harus meng-install LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS. Setiap guru hanya tinggal mengakses aplikasi Google Classroom dan bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan ajar.
  • Penggunaan aplikasi Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan (user friendly). Sehingga akan ideal digunakan bagi setiap pengajar dengan tingkat pengalaman e-Learning yang berbeda-beda.
  • Setiap siswa tidak harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru akan membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online.Selain itu, guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas, dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan demikian, ada potensi untuk penghematan waktu baik bagi siswa maupun gurunya.
Baca Juga:   Cara Membuat Sticker Animasi Di Telegram

Selain beberapa fungsi di atas, salah satu manfaat yang paling penting dari penggunaan Google Classroom adalah kolaborasi online yang lebih efisien. Manfaat lainnya adalah penyimpanan data yang terpusat.

Cara Mengarsipkan Google Classroom

Langkah mengarsipkan kelas ini mudah dan sewaktu-waktu bisa dipulihkan apabila membutuhkannya kembali dengan langkah beirkut :

1. Buka Google Classroom
2. Pilih kelas yang akan diarsipkan
3. Pada kartu kelas, klik ikon titik tiga
4. Pilih Arsipkan
5. Akan muncul keterangan konfirmasi
6. Kembali pilih Arsipkan
7. Kelas yang dipilih otomatis diarsipkan

Baca Juga:   Merk TV LED Terbaik Dan Berkualitas Tahun 2021

Cara Melihat Kelas yang Diarsipkan Google Classroom

Setelah melakukan cara mengarsipkan kelas di Google Classroom kita masih tetap bisa melihat file kelas yang sudah disembunyikan. Caranya seperti berikut:

1. Buka Google Classroom
2. Di bagian atas klik Menu ikon garis tiga
3. Gulir ke bawah, lalu klik Kelas yang Diarsipkan (Archived Classes)
4. Pilih kelas yang ingin dilihat
5. Kita bisa kembali melihat kelas yang diarsipkan

Baca Juga:   Cara Terbaru Membuat Contact Us Di Blogger

Cara Mengembalikan Kelas yang Diarsipkan Google Classroom

Meski sudah diarsipkan, bukan berarti kelas tersebut tidak digunakan begitu saja. Ada kemungkinan kita ingin mengambil materi-materi dari kelas sebelumnya. Kemungkinan lainnya bisa karena kita perlu kembali menggunakan kelas tersebut untuk membahas materi yang sama.
1. Buka Google Classroom
2. Di bagian atas klik Menu ikon garis tiga
3. Gulir ke bawah, lalu klik Kelas yang Diarsipkan (Archived Classes)
4. Pada kartu kelas, klik lainnya dengan ikon titik tiga
5. Pilih Pulihkan
6. Klik Pulihkan kembali untuk konfirmasi
7. Kelas yang dipilih sudah otomatis dipulihkan