7 Tentara Elite yang di Akui Oleh Dunia

7 Tentara Elite yang di Akui Oleh Dunia

7 Tentara Elite yang di Akui Oleh Dunia – Pasukan Militer atau Pasukan Pertahanan adalah pasukan Elite yang paling diandalkan dari setiap negara untuk menjaga Kedaulatan suatu negara.

Maka tidak heran banyak negara yang berusaha untuk mengoptimalkan peralatan militernya agar negara tersebut disegani oleh musuh.

Di dunia ada banyak Tentara Elite, Bahkan bisa dibilang tiap negara memilikinya. Namun hanya sedikit saja yang namanya sampai mendunia. Contohnya adalah Navy Seal, Alpha Group, Pasukan Kaibiles, Sayeret Matkal, Kopassus, Special Service Group (SSG), Delta Force.

Kenapa pasukan Elite yang Rosmeina sebutkan diatas bisa disegani ? Berikut penjelasannya.

7 Tentara Elite yang di Akui Oleh Dunia :

1. Navy SEAL

Navy Seal

US Navy Seal adalah satuan militer yang dikenal punya kemampuan sempurna dalam operasi di dalam air dan dalam mengatasi tindak Terorisme, Pengintaian, Menyelamatkan sandera hingga lihai dalam perang terbuka.

Biasanya ada seragam khusus untuk membedakan satuan ini dengan prajurit atau kelompok yang lain, Bahkan ada satu pin yang di sebut dengan The SEAl Trident. Untuk mendapat pin ini sejumlah prajurit harus mengikuti banyak tiga lapis pendidikan dari yang umum hingga yang khusus selama kurang dari satu tahun.

Baca Juga:   Apa Bedanya Swagbucks.com dan Swagbuckssn.xyz ?

2. Alpha Group

Alpha Group

Alpha Group adalah Pasukan Elite militer Rusia yang telah dibentuk sejak tahun 1974. Kendati Uni Soviet runtuh namun pasukan ini tetap menjadi andalan untuk menumpas teroris.

Pada tahun 2004, pasukan militer ini berhasil menyelamatkan 350 sipil saat terjadi penyanderaan di sebuah sekolah. Saat itu mereka menembak mati 31 teroris yang berasal dari kaum separatis. Alpha Group sebagian besar adalah para penembak jitu.

3. Pasukan Kaibiles

Pasukan Kaibiles

Pasukan Kaibiles adalah pasukan tak kenal takut yang dibuat saat Revolusi Kongo. Mereka telah terbukti mampu mengatasi beratnya hutan dan para pemberontak. Motto mereka adalah “Jika Aku Maju Maka Ikuti Aku, Jika Aku Berhenti Desak Aku Untuk Maju, dan Jika Aku Mundur Maka Bunuhlah Aku!”.

Keberhasilan terbesar yang mereka capai adalah menangkap Jenderal pertahanan militer Uganda saat kekerasan di Kongo terjadi. Namun akibat peristiwa itu 8 anggota Kaibiles terbunuh dan 5 lainnya luka.

4. Sayeret Matkal

Sayeret Matkal

Sayeret Matkal adalah pasukan pertahanan Elite Israel yang meski jumlahnya sedikit namun berkualitas. Mereka beroperasi dengan mengandalkan bela diri dan intelegensi mereka untuk berperang. Sampai saat ini mereka terus disibukkan dengan misi untuk memberantas terorisme dan menyelamatkan sandera-sandera.

Baca Juga:   Biaya Resmi Buat SIM A dan SIM C Tahun 2022

Kehebatan mereka terlihat saat terjadi pembajakan di pesawat Air France di Uganda beberapa pada 1976. Saat itu 6 pembajak dan 3 sandera tewas dalam operasi tersebut. Namun tetap berhasil membebaskan 100 sandera.

5. Kopassus

Kopasuss

Kopassus dibentuk tahun 1952, Kopassus menjadi pasukan andalan milik Indonesia. Meski pada awalnya militerisme mereka dianggap negatif karena berkaitan dengan pemerintahan Soeharto saat itu.

Terlepas dari itu, Baret merah ini punya segudang prestasi.

  • Pertama : Menembak tepat sasaran menjadi salah satu keahlian yang dimiliki Kopassus.
  • Kedua : Kopassus meraih peringkat dua dalam melakukan operasi Militer Strategis, seperti; Intelijen, Pergerakan, Penyusupan, Penindakan. Bahkan kopassus pernah melatih pasukan militer Kamboja dan Afrika Utara.

Kehebatan mereka terlihat saat terjadi Operasi militer yang paling terkenal yang dilakukan Kopassus adalah pembebasan 50 orang sandera di pesawat Garuda pada tahun 1981. Saat itu pesawat Garuda dibajak oleh kaum ekstremis. Tiga ekstremis pembajak Garuda berhasil dibunuh dan sandera pun dibebaskan.

6. Special Service Group (SSG)

Special Service Group (SSG)

Pasukan Elite Pakistan ini di latih untuk bisa menghadapi Sabotase, Penyanderaan, dan Pertarungan satu lawan satu dengan berbekal senjata dan intelegensi mereka.

Pasukan Elite ini sering berlatih bersama dengan pasukan khusus Amerika dan China serta pelatihan udara dengan Inggris. Sebelumnya hanya ada 3 batalyon dalam pasukan elit ini. Kini jumlahnya terus bertambah hingga mencapai 10 batalyon.

Baca Juga:   5 Fakta Menarik Soeharto, Presiden Terlama di Indonesia dengan Julukan The Smiling General

Kehebatan mereka adalah waktu menyelamatkan anak-anak dan guru di dalam bus yang dibajak. Saat masih berlangsung negosiasi, pasukan ini datang menyergap dengan gas air mata kemudian langsung membunuh tiga pembajak.

7. Delta Force

Delta Force

Delta Force ini digunakan Amerika sebagai pasukan perang. Selain itu pasukan ini dikenal sebagai pasukan perang pertama di dunia yang terlebih dulu dikenal sebagai Detachment-Delta. Anggota Delta Force mencapai 800 hingga 1.000 orang.

Sebelumnya, pasukan elite ini selalu gagal dalam pertempuran udara. Oleh karena itu, pecahan dari satuan ini, Airborne dibentuk untuk menanggulangi kesalahan dan kegagalan satuan ini.

Dalam perang Irak tahun 2003, pasukan inilah yang paling berperan menginvasi Irak. Mereka memasuki Baghdad dengan kapal tempur mereka dan menyabotase jaringan komunikasi di Irak.