Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total

Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total

Pada Artikel kali Rosemein akan membahas “Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total“, Rosemein sudah mempersiapkan dengan baik untuk artikel ini agar mudah dibaca.

Sering kali kita di bikin pusing apabila Hp Android yang kita gunakan setiap harinya mati mendadak secara tiba-tiba yang dikarenakan kesalahan kita sendiri, Kesalahan yang kita perbuat sampai Hp Android kita mati adalah kelalaian pemakaiannya.

Hp Android yang mengalami Mati Total merupakan rusaknya yang paling serius terhadap situasi Hp dan Rosemein tidak menjamin Hp Android yang mati keseluruhan sanggup di servis atau di restart ulang agar normal seperti semula, Dalam memperbaikinya memang perlu keterampilan dan peralatan spesifik supaya Hp Android bisa di perbaiki.

Alat Alat Memperbaiki Hp Android Mati Total :

1. Obeng Khusus

Bentuk dan ukuran kepala baut pada ponsel berbeda dengan bentuk baut biasa. Oleh karena itu untuk melepas atau mengencangkan baut Hp Android dibutuhkan obeng khusus.

2. Pinset atau Penjepit

Pinset digunakan untuk Mengungkit, Menjepit, Mencabut, dan Memasang komponen Hp Android yang berukuran kecil (Micro).

3. Lampu Duduk dan Lup (kaca pembesar)

Lampu duduk diperlukan untuk memberi penerangan saat pengecekan atau perbaikan Hp Android, Selain itu untuk memudahkan pemasangan komponen Hp Android yang berukuran kecil dan di butuhkan juga kaca pembesar.

Baca Juga:   Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

4. Multimeter

Multimeter digunakan untuk mengukur Tegangan, Arus, dan Hambatan Listrik. Multimeter terdapat dua macam yaitu Multimeter Digital dan Analog. Perbedaan keduanya adalah pada tampilan nilai yang terukur.

Multimeter digunakan untuk mendeteksi kondisi rangkaian dan komponen Hp Android apakah normal atau tidak. Pengecekan seperti ini perlu dilakukan untuk mengetahui letak kerusakan (Hardware) Hp Android. Dengan kata lain, kita sudah mengetahui secara pasti letak kerusakannya sebelum mengganti dengan komponen yang baru.

5. Solder Uap (Heat Blower)

Solder Uap digunakan untuk melelehkan timah solder pada komponen agar proses pergantian komponen Hp Android (khususnya IC) menjadi lebih mudah, Selain itu Solder Uap dapat digunakan untuk membersihkan sisa timah yang menutupi lubang komponen.

Cara menggunakan Solder Uap adalah dengan cara menghembuskan udara panas yang keluar dari Solder Uap pada bagian komponen yang akan dilepas. Kemudian dari arah yang berbeda, komponen digerakan secara perlahan menggunakan Pinset agar mudah dilepas, Setelah komponen diangkat lalu bersihkan sisa timah yang menutupi lubang komponen menggunakan ujung Pinset. Proses tersebut di namakan “Prosees Blow”.

6. Solder Elemen (Filamen)

Baca Juga:   Download Twibbon Tahun Baru islam 1 Muharram 1443h

Solder Elemen ini berfungsi untuk menyolder komponen Hp Android, Energi panas Solder Elemen (Filamen) diperoleh dari listrik yang mengakibatkan Filamen pemanas bisa panas sehingga ujung metal solder dapat melunakkan timah patrian.

7. Power Supply Tester

Alat ini berfungsi sebagai pengganti satu daya Hp Android (baterai) yang dapat dan diatur sesuai kebutuhan tegangan operasional Hp Android dan menghasilkan tegangan searah guna berbagai pengujian pada ponsel.

8. Tornado Box

Alat ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan Software. Tornado Box dapat digunakan setelah dilakukan penginstalan Software UFSx Tornado pada PC. Kerusakan Software yang dapat diatasi menggunakan software Tornado antara lain ponsel pabrikan Motorola, Sony Ericsson, Samsung, dan Nokia (versi DCT3, DCT4, dan DCTL).

9. Frequency Counter

Alat ini untuk mendeteksi besaran Frekuensi terutama kerusakan pada sinyal RF (Radio Frekuensi) yaitu bagian penerima dan pembangkitan Frekuensi pada semua jenis Hp Android.

2 Langkah Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total Karna Basah :

Pertama

Langkap Pertama untuk memperbaikinya adalah usahakan untuk tidak menyalakan Hp Android saat basah dan lepaskan semua komponen seperti baterai, Sim card dan lain sebagainya, kalau anda sanggup untuk membuka layar LCD langsung saja copot layar LCDnya (khusus yang jelas tentang komponen Hp Android), Lalu tempatkan di beras atau media yang sanggup mengeringkan bersama dengan cepat, Jangan mengeringkan Hp Android dengan memakai alat pengering seperti Setrika dan Hair Drayer dikarenakan dapat merusak komponen yang ada, Dan diamkan ke dalam media tadi sepanjang 3 atau 4 hari pastikan benar-benar kering dari luar dan dalam, Sesudah itu pasang ulang perangkat hp baterai dan lainnya coba hidupkan Hp Android tersebut.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Hp Android Yang Sering Hilang Sinyal

Kedua

Langkah Kedua adalah menyediakan Blower Spesifik Rervise dan cairan Fluk untuk media pemanasan komponen, Berikut langkah-nya :

  • Membuka dahulu body dan semua perangkat Hp seperti Baterai, Layar LCD, Casing hingga hanya tersisah papan PCB Hp Androidnya.

  • Letakan papan fisibi di wadah spesifik atau penjepit PCB khusus.

  • Tuangkan cairan Fluk terhadap papan PCB secara menyeluruh.

  • Blowerlah komponen PCB yang di beri cairan (untuk jarak Blower dan PCB harus di sesuaikan, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh, Yang perlu kalian tahu ini akan mengakibatkan timah sedikit meleleh supaya IC akan sedikit goyang.

  • Setelah di Blower merata keringkan dan coba pasang ulang semua perangkatnya dan nyalakan Hp Andrid-nya objek yang di Blower bersama dengan cairan Fluk di atas untuk mengencangkan dan meyakinkan tidak ada componen PCB yang longgar dikarenakan akan pengaruhi Hp Android itu sendiri.

Demikian lah Artikel ini dibuat semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.