Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama – Banyak yang sebelum membeli ponsel, terlebih dahulu melihat kapasitas baterai yang ditawarkan. Baterai dengan kapasitas daya lebih besar maupun yang penggunaannya lebih awet, mendapat perhatian lebih dan kerap menjadi pilihan.

Baterai HP Android cepat habis / boros merupakan suatu masalah abadi yang mungkin hampir semua pengguna smartphone khususnya Android mengalami itu. Hal itu karena hampir para pengguna HP android tak mau direpotkan dengan seringnya aktivitas mengisi ulang baterai.

 

Bagaimana Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama ? Nah, berikut beberapa Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama.

Menghemat Baterai HP Android

Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama :

1. Batasi Aplikasi yang Berjalan

Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan akan tetap aktif bahkan setelah Anda tidak menggunakannya. Di situlah baterai Android terkuras.

Dengan pengaturan sederhana, Anda bisa menutup secara keseluruhan aplikasi yang telah terbuka di latar belakang. Biasanya Android memiliki fitur untuk menutup aplikasi yang ada pada latar belakang dengan cara berbeda di tiap model dan merek.

Baca Juga:   Cara Menghasilkan Uang Dari Game MPL

2. Atur Kecerahan Layar

Atur kecerahan layar di pengaturan yang ada. Sesuaikan dengan keadaan pencahayaan di sekitar Anda, Resolusi yang tajam dan piksel yang melimpah merupakan pemakan baterai yang hebat. Kecerahan layar memengaruhi kinerja baterai serta kinerja mata Anda.

3. Nonaktifkan Google Assistant

Google Assistant mendengarkan perintah, terhubung ke lokasi untuk langsung mengambil hasil kontekstual, dan banyak lagi.

Meski Google Assistant adalah alat praktis untuk memudahkan pekerjaan, ini merupakan satu di antara fitur Android yang terus-menerus melahap energi ponsel Anda.

Jika Anda tidak terlalu bergantung pada Google Assistant, yang terbaik adalah menonaktifkannya.

4. Matikan GPS

Cara paling signifikan untuk menghemat baterai ponsel adalah mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Sebagai permulaan, kecuali jika Anda memiliki navigasi aktif pada aplikasi seperti Google Maps, beralihlah ke mode lokasi Device Only (di Android Oreo dan sebelumnya).

Anda bisa langsung menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi yang biasanya digulirkan ke bawah. Anda juga bisa buka Pengaturan> Keamanan & lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

Baca Juga:   Nama Aplikasi Penyimpanan Selain Google Drive

5. Matikan Wi-Fi, Bluetooth, dan Data Otomatis

Kini Android menggunakan beberapa modul lain, termasuk Wi-Fi dan Bluetooth untuk mendeteksi lokasi. Ini menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai dan biasanya tidak begitu diperlukan.

Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data seluler kapan pun Anda tidak membutuhkannya. Sejak pembaruan Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi terbuka bahkan ketika anDA telah menonaktifkan Wi-Fi.

Wi-Fi dan data seluler tidak perlu dihidupkan setiap saat. Menyalakan Wi-Fi bahkan saat tidak ada jaringan Wi-Fi akan membuat ponsel terus bekerja mencari jaringan. Hal ini cukup menguras kinerja baterai.

Cara untuk mematikannya, buka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Di bawah preferensi Wi-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan Wi-Fi secara otomatis.

6. Aktifkan Dark Mode

Piksel hitam tidak menyala, jadi makin banyak piksel hitam yang Anda miliki, atau makin banyak piksel yang lebih gelap, makin sedikit daya yang diperlukan.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Titik Hitam Di Layar LCD Hp Android

Jika HP Android Anda memiliki layar AMOLED, gunakan latar belakang berwarna gelap. Wallpaper hitam dapat meningkatkan usia baterai karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna.

Anda juga bisa memasang wallpaper gelap secara manual. Selain itu mengaktifkan mode malam pada aplikasi yang kompatibel seperti Twitter, bisa membantu penghematan baterai. Aplikasi pihak ketiga untuk metode malam adalah alternatif untuk menghemat penggunaan baterai Android di HP Anda.

Demikian informasi yang dapat “rosmeinasilitonga” sampaikan mengenai Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama. Semoga bermanfaat untuk kalian semuanya pengguna Android. Terima kasih